Produk Baru Pintu Engineering Door atau Flush Door

Engineering Door

Flush Door dikenal pula dengan Engineering Door, teknologi ini muncul sebagai subtitusi Pintu Kayu Solid mengingat semakin sulitnya kayu keras dari hutan alam dan semakin meningkatnya kebutuhan akan pintu seiring peningkatan kebutuhan terhadap perumahan. Engineering Door merupakan hasil pengolahan khusus dari kayu solid utuh. Pengolahan khusus ini mereduksi    sifat-sifat negatif dari kayu alami yaitu memuai dan menyusut. Karena itu Engineering Door menjadi jauh lebih stabil, tidak mudah memuai ataupun menyusut, dan juga tidak mudah retak pada bagian sambungan panel-panelnya.

Pintu engineering dirancang & diproduksi untuk mengantisipasi kelemahan dari produk pintu
konvensional sehingga pintu engineering memiliki beberapa keunggulan utama yakni :

– Lebih stabil dan tidak mengalami deformasi / perubahan bentuk / konstruksi
– Lebih tahan terhadap gangguan / serangan serangga (rayap )
– Lebih tahan terhadap air / kelembaban
– Lebih ramah lingkungan karena menggunakan kayu hutan produksi & legal serta lem / perekat yang tidak beracun / non toxic
– Lebih mudah dikombinasikan dengan bahan / material lain (kaca, metal, plastik dll )
– Lebih memungkinkan untuk dimensi / size yang lebar & tinggi

Pada dasarnya pintu engineering terbagi menjadi 3 jenis yakni :
1. Flush Door Honeycomb / Pintu Rangka Panel Honeycomb
Merupakan pintu dengan sistem konstruksi rangka, dan terbagi menjadi 2 bagian utama,yakni bagian rangka / frame pintu dan bagian penutup rangka / surface.
Pada jenis pintu flush, ada yang menambahkan lapisan pengisi pada rongga antara rangka & penutup namun ada yang tetap membiarkan kosong.
Adapun maksud dari pengisian rongga tersebut dengan material tambahan adalah untuk menambah kekuatan sekaligus sebagai material penyerap bunyi dan isolator panas / dingin.
Sedangkan material pengisi yang sering digunakan adalah kertas (honeycomb paper ),foam (stereofoam / PU foam )dan glasswool / rockwool

  1. Full Core Door / Pintu Rangka Panel Penuh

Merupakan pintu dengan sistem konstruksi panil / bidang / board yang dibentuk dari
lapisan / potongan kayu yang dijadikan menjadi 1 bidang / board untuk kemudian disusun
sesuai dimensi yang diinginkan sehingga merupakan 1 kesatuan yang padat tak berongga.

 

  1. Solid Engineering Door

Solid Engineering adalah tipe paling populer untuk jenis kayu. Sesuai namanya, pintu Solid Engineering memiliki balok kayu padat di dalamnya. Pintu Solid Engineering kokoh dan memiliki efek kedap suara yang lebih baik.

Pintu ini cukup kuat tetapi berat dan membutuhkan lebih banyak material. Biasanya digunakan sebagai pintu exterior.

 

 

u-PVC

UPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride) merupakan turunan dari plastik yang mengalami proses tertentu sehingga sifat lentur/plastisnya dihilangkan. Hasil akhir material ini menjadi keras dan kemudian diaplikasikan ke berbagai macam bidang industri, yang salah satunya sebagai building material khususnya pintu dan jendela. Dengan proses yang dinamakan “Unplasticized”, uPVC akhirnya menjadi bahan yang lebih kuat/rigid dan ramah lingkungan daripada PVC. Material uPVC juga selalu diperkuat dengan besi (steel reinforcement), sehingga lebih kokoh.

UPVC dapat menyerap panas dan mempertahankan suhu udara di dalam ruangan. Disamping itu kusen dan jendela UPVC juga memiliki nilai estetika / keindahan tersendiri. Oleh karena itu, banyak apartemen, villa perumahan, perhotelan, ruko dan rukan yang memilih uPVC untuk bahan jendela dan pintu.

Kelebihan :

  • Kedap suara karena telah mengaplikasikan teknologi double sealed yang memakai EPDM.
  • Tahan terhadap cuaca karena bahan tidak dapat keropos, lapuk maupun berkarat meski diterpa hujan dan panas.
  • Anti bocor karena telah menggunakan sistem yang menahan hempasan hujan.
  • Hemat energi karena dapat menjaga kesejukan di dalam ruangan sehingga menghemat penggunaan pendingin ruangan (AC).
  • Aman karena menggunakan sistem kunci ganda yang tidak dapat dibuka secara paksa, bahkan tidak dapat dicongkel menggunakan linggis.
  • Bebas perawatan karena tidak perlu melapisi dengan cat dan perawatan khusus
  • Anti rayap karena tidak mengandung bahan kayu.
  • Ramah lingkungan karena untuk mendapatkan bahan ini tidak perlu menebang pohon.

Finishing

Melamik
Memberikan lapisan film yang lebih baik daripada NC. Permukaan kayu yang dilapis melamik menjadi sangat halus karena pori-pori kayu tertutup. Bahan ini lebih sulit untuk dilapis ulang dan akan berbau menyengat setelah aplikasi. Ada 2 pilihan finishing, yaitu matt dan glossy (mengkilat). Pengaplikasiannya dengan cara semprot atau memakai kuas.

Cat Duco
Adalah metode penyemprotan cat duco pada permukaan furniture dengan pilihan warna yang bervariasi dan menarik. Cocok untuk furnitur bernuansa modern, minimalis dan juga furnitur anak. Harganya relatif mahal dan bila sudah dicat, serat asli tidak bisa dikembalikan lagi. Pengaplikasiannya menggunakan semprot atau kuas. Dengan kemajuan tehnologi dan desain sekarang ini, berbagai motif dapat dibuat dari cat ini, seperti motif batu, marmer, motif pecah seribu maupun motif perak, tembaga dan emas.

Veneer
Terbuat dari serat tipis kayu asli. Motifnya tergantung jenis kayu ; ada motif jati, sungkai, nyatoh, kamper atau mahoni. Furnitur yang diberi lapisan ini mirip dengan kayu asli sehingga tampilannya terlihat alami. Dijual dalam bentuk gulungan dengan lebar 10-20 cm.

PVC (Polyvinyl Carbonate)
Merupakan lapisan berbentuk lembaran dan terbuat dari plastik. Permukaannya lebih halus dibanding bahan dari plastik lain, seperti tacon dan decosif. Berbentuk lembaran ukuran 120 cm x 240 cm dan tebal 3 mm. Pilihan warna terbatas, hanya ada coklat dan warna turunannya.

Contoh Pintu Engineering Door

Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door Pintu Baru Engineering Flush Door

 

 

 

 

Comments are closed